Beranda TentangLayananLokasiArtikelKalender PajakKontak Jadwalkan Konsultasi

#UU HPP#PPh Orang Pribadi#Panduan

Lapisan Tarif PPh Orang Pribadi Berubah, Ini Simulasinya

Oleh Dipublikasikan: Diperbarui: 1 menit baca

Undang-Undang HPP mengubah lapisan tarif PPh orang pribadi mulai tahun pajak 2022 [1]. Kelompok berpenghasilan rendah memperoleh keringanan, sementara kelompok berpenghasilan sangat tinggi dikenai tarif lebih besar.

Lapisan tarif baru

Penghasilan kena pajak setahun Tarif
Sampai Rp60 juta 5%
Di atas Rp60 juta sampai Rp250 juta 15%
Di atas Rp250 juta sampai Rp500 juta 25%
Di atas Rp500 juta sampai Rp5 miliar 30%
Di atas Rp5 miliar 35%

Sebelumnya, lapisan pertama hanya sampai Rp50 juta dan tarif tertinggi 30% untuk penghasilan di atas Rp500 juta.

Simulasi singkat

Penghasilan kena pajak Rp60 juta:

  • Aturan lama: 5% × Rp50 juta + 15% × Rp10 juta = Rp4 juta.
  • Aturan baru: 5% × Rp60 juta = Rp3 juta.

Hemat Rp1 juta setahun. Sebaliknya, wajib pajak dengan penghasilan kena pajak Rp10 miliar membayar tambahan 5% atas bagian di atas Rp5 miliar.

PTKP tidak berubah

Penghasilan tidak kena pajak tetap Rp54 juta untuk wajib pajak sendiri, ditambah Rp4,5 juta untuk status kawin dan setiap tanggungan, maksimal tiga orang.

Yang perlu dilakukan

Pemberi kerja perlu memperbarui perhitungan PPh 21 untuk penghasilan 2022. Wajib pajak berpenghasilan tinggi sebaiknya meninjau struktur penghasilan dan investasinya dengan memperhatikan tarif baru.

Sumber

  1. Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan

Sandra TjanKonsultan pajak di Jakarta & Bali (Brevet A·B·C, USKP). Artikel ini merangkum regulasi beserta sumber resminya dan bukan merupakan nasihat pajak individual.